Kompas TV regional bali nusa tenggara

Wisata Budaya Desa Tenganan Pegringsingan

Kompas.tv - 30 Maret 2023, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KARANAGSEM, KOMPAS TV - Inilah Desa Adat Tenganan Pegringsingan yang terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.  Desa Wisata Tenganan Pegringsingan merupakan destinasi wisata yang memiliki karakteristik sebagai destinasi budaya, khususnya terkait kebudayaan masa Bali pra-Majapahit sehingga desa ini lebih dikenal sebagai Desa Bali Aga.

Sebagai desa wisata, Tenganan Pegringsingan juga memiliki berbagai keunikan seni dan budaya yang berbeda dengan desa-desa lainnya di Bali. Seperti bangunan rumah, aktivitas warga, hingga adat budayanya yang masih dilestarikan sampai saat ini. Masyarakat di Desa Tenganan Pegringsingan hampir semua perempuannya bisa membuat kerajinan atau menenun kain khas Desa Tenganan Pegringsingan berupa Kain Gringsing. Kain ini bahkan menjadi ikon yang tidak dimiliki daerah lainnya di Bali bahkan di Indonesia.

Kelihan Desa Adat Tenganan Pegringsingan, I Putu Yudiana menuturkan,  kunjungan wisata di Desa Adat Tenganan Pegringsingan saat ini masih di dominasi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Meski demikian kalau  dilihat dari jumlah kunjungan wisatanya, belum ramai seperti sebelum pandemi. Tidak ada pungutan tiket masuk dengan nominal tertentu. Wisatawan yang berkunjung hanya cukup berdonasi seiklasnya.

Sementara salah satu pengunjung asal Surabaya mengatakan, sengaja datang dari luar Bali untuk berkunjung ke Desa Adat Tenganan Pgeringsingan guna membeli Kain Gringsing. Iapun sangat mengagumi keindahan kain khas Tenganan Pegringsingan ini.

Diharapkan kedepannya adat budaya Desa Adat Tenganan Pegringsingan tetap lestari dan kunjungan wisatanya bisa kembali pulih seperti seblum pandemi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#desatenganan   #tengananpegringsingan   #karangasem

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x