Kompas TV regional berita daerah

Wisata Tepian Sungai Mahakam

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 16:02 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Dengan menggunakan kapal,  sejumlah mahasiswa politeknik negeri samarinda, melakukan kunjungan wisata menyisir tepian sungai Mahakam. Ada sejumlah destinasi wisata lokal yang akan di kunjungi, yang berlokasi di kecamatan samarinda seberang.

Mereka selain akan menikmati wisata Tepian Sungai Mahakam, mereka juga sedang belajar, terkait pelatihan pemandu wisata lokal Kalimantan Timur secara langsung. Yang dibimbing langsung oleh para dosen dari jurusan pariwisata, dari Perguruan Tinggi Negeri Politeknik Samarinda.

Dengan menggunakan transportasi kapal, mahasiswa menuju pemberhentian pertama, yaitu wisata religi di Cagar Budaya Masjid Shiratal Mustaqiem. Masjid tertua di Kalimantan Timur ini, dibangun dari kayu, pada tahun 1881 oleh Said Abdurachman Bin Assegaf, dengan gelar pangeran bendahara. Perjalanan ini dipandu langsung oleh penduduk setempat.

Perjalanan kembali dilanjutkan ke kampung ketupat, dan melihat langsung keseharian masyarakat kampung ketupat. di kampung ketupat, mahasiswa mengunjungi pengrajin daun nipah dan praktik langsung pembuatan ketupat.

Selain itu, mahasiswa juga membatik dengan pola ketupat. Kegiatan ini diakhiri dengan menyantap makanan khas kampung ketupat, yaitu ketupat beancah. Makanan ketupat beancah merupakan kuliner tradisional khas penduduk lokal Samarinda Seberang.

#Wisata #TepianMahakam #CagarBudaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x