Kompas TV regional berita daerah

Sentra Pengrajin Sangkar Burung Beromset Ratusan Juta

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

GARUT, KOMPAS.TV - Hampir sembilan puluh persen masyarakat di desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Garut, Jawa Barat, berprofesi sebagai pengrajin sangkar burung yang telah dilakoni secara turun temurun sejak puluhan tahun silam.

Tak heran bila kampung ini dijuluki sebegai sentra penghasil anyaman bambu. Tak tanggung-tanggung, pengrajin sangkar burung di wilayah teresebut mendapatkan omset yang cukup fantastis. Setiap bulannya rata-rata mereka mendapat penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

Penjualan sangkar burung pun tidak hanya di Wilayah Jawa Barat saja, mereka menjualnya tembus hingga ke Sumatera, Kalimantan, bahkan sampai ke luar negeri. Sangkar yang dibuat pun rata-rata untuk jenis burung berkelas seperti halnya Burung Murai yang biasa digunakan untuk kontes burung berkicau.

Salah satu perajin sangkar burung Kama, mengaku dirinya menjalani profesinya sudah lebih dari lima belas tahun. Profesinya ini dia jalankan secara turun temurun, meneruskan usaha orang tuanya.

Meski pesanan terus ada, namun pihaknya terkadang kesulitan mendapatkan bahan baku bambu terutama saat musim hujan tiba.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x