Kompas TV regional berita daerah

Serunya Tradisi Kepok-Kepokan Sambut Ramadan

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 15:28 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI,KOMPAS.TV - Tradisi Padusan yang biasa disebut dengan tradisi Kepok-kepokan ini selalu dilakukan sehari menjelang bulan puasa, secara turun temurun.

Warga yang mengikuti kegiatan ini sudah menyiapkan plastik bening yang nantinya diisi air, lalu dilemparkan ke peserta lainnya.

Salah satu pengunjung, Nadiva mengatakan dirinya sudah mengikuti tradisi ini sebanyak dua kali, sejak tahun kemarin. Menurutnya tradisi ini beda dengan tradisi yang ada di daerah lain. Kalau di daerah lain tradisi Padusan hanya diisi dengan berenang, main air, hingga mandi. Namun di Umbul Langse ini dirinya bisa melemparkan air dan terlempar air.

Lebih lanjut, Nadiva mengatakan tradisi ini cukup seru, apalagi jika pesertanya banyak, dirinya menilai akan semakin seru aksi saling lempar air tersebut.

“Ini juga seru pak, apalagi ini dilakukan cuma setahun sekali, selain itu gak cuma mandi saja tapi ada lempar-lemparan air. Udah sering mengikuti dari Tahun 2022 lalu,” ujar Nadiva.

Sementara itu, pengelola Umbul Langse, Sulastono, mengatakan tradisi kepok-kepokan yang juga termasuk tradisi padusan ini, sudah dilakukan secara turun temurun, dan selalu dilakukan saat menyambut datangnya Ramadan. Tradisi ini memiliki makna membuang segala sifat buruk yang ada didalam diri sebelum melaksanakan puasa.

Lebih lanjut, Sulastono mengatakan warga yang ikut tradisi ini tidak hanya datang dari daerah sekitar, bahkan datang dari luar Boyolali, seperti dari Klaten. Dirinya memprediksi jumlah pengunjung yang datang kali ini mencapai sekitar 3.500 orang.

“Ini tradisi menjelang bulan Ramadan, tradisi ini dinamakan tradisi kepok-kepokan, dan memiliki makna untuk membuang sial dan membersihkan diri, Ini tradisi sudah lama dan turun-temurun sekaligus melestarikan budaya bulan Ramadan ,” ucap Sulastono.

Tradisi saling lempar air ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Diharapkan dengan selalu diselenggarakan setiap tahunnya, dapat turut serta melestarikan budaya yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

#ramadan #tradisipadusan #boyolali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x