Kompas TV regional berita daerah

PSSI Jalin Kerjasama dengan Sejumlah Negara

Kompas.tv - 21 Maret 2023, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kembali dari Kongres FIFA di Rwanda, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pastikan PSSI jalin kerjasama dengan Australia, Jepang dan Afc. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia, mulai dari infrastruktur, organisasi hingga kompetisi.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Kerja sama tersebut ditandatangani saat PSSI menghadiri Kongres FIFA ke-73 di Kigali, Rwanda pada 13-16 Maret 2023 lalu.

"Kami sudah menandatangani kerja sama dengan Indonesia untuk kerja sama liga, ya. Kerja sama seperti apa? Itu bisa manajemen, perwasitan, sistem dan lain-lain," ujar Erick usai Sarasehan dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/3).

"Lalu juga dengan Jepang mau kerjasama untuk pembangunan sepakbola putri."

Selain dengan JFA, PSSI juga bekerja sama dengan Federasi Sepakbola Australia (FFA). Menurut Erick, Australia merupakan negara tetangga yang patut jadi contoh di dunia olahraga. 

"Artinya apa? Dengan kelasnya Australia cukup tinggi, kita juga ingin melihat apa yang namanya teknologi olahraga karena sport science itu," ucap Erick.

"Pak Zainudin (Amali, Wakil Ketua Umum PSSI) juga sering mengingatkan salah satu yang terbaik itu di Australia, nah kita juga ingin belajar sport science."

Tak hanya dengan federasi sepakbola negara lain, PSSI juga semakin memperkuat hubungannya Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Erick ingin semua agenda nasional bisa sinergi ajang internasional.

"Karena kami ingat agenda sepakbola dunia ada FIFA Matchday, kalender AFC, AFF kapan istirahatnya pemainnya, kapan juga kami siapkan Timnas," terang Erick.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengatakan bahwa PSSI akan kembali bertemu dengan AFC setelah dari Kongres FIFA. Namun belum diketahui kapan pastinya pertemuan tersebut.

"Pertemuan selanjutnya merupakan agenda kami hasil dari sarasehan akan kami laporkan. Ini kita, nah. Itu kami kasih informasi ke AFC," jelas Erick Thohir.

"Salah satu yang kita duduk sama AFC, kita nanti di pertemuan berikutnya sama AFC memaparkan agenda kita ini yang tadi sarasehan ini, hasilnya kita paparkan. Itu yang akan kita sinkronisasi dengan AFC."

Lebih jauh, Erick menyampaikan bahwa PSSI telah melakukan pertemuan dengan sejumlah negara lain, termasuk negara-negara Eropa dan Amerika Selatan. Namun, pertemuannya baru sebatas diskusi.

"Kita banyak sih ada yang udah disampaikan ketemu Arab Saudi, Argentina, Inggris, kita banyak diskusi. Tapi yang sepertinya sudah ada formulanya Jepang, Australia, dan AFC, yang lainnya masih diskusi dasar," katanya.

 

#pssi
#fifa
#kerjasama



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x