Kompas TV regional berita daerah

Stabilkan Harga Jelang Ramadan, Disperindag Kota Semarang Gelar Operasi Pasar

Kompas.tv - 17 Maret 2023, 14:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menjelang bulan suci Ramadan dan naiknya konsumsi kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan Kota Semarang, Jawa Tengah, bersama dengan Bulog serta Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melakukan operasi pasar di Pasar Bulu, Kota Semarang.

Dengan membawa beras seberat 2 ton dan MinyaKita Rp 2.600 liter, pedagang bisa membeli dan menjual kembali sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

Setiap pedagang dibatasi membeli lima karton MinyaKita seharga Rp 12.600 per liter dan bisa dijual kembali seharga Rp 14.000 per liter. Untuk beras, pedagang membeli dengan harga Rp 8.300 per kilogram, dan dijual kembali ke masyarakat seharga Rp 9.540 per kilogramnya.

Operasi pasar yang dilakukan menjelang bulan suci Ramadan ini, diakui oleh Aminudin, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang adalah sebagai upaya untuk menekan kenaikan harga sembako.

“Dari operasi pasar, kemudian kita cek harga tiap hari. Kemarin sudah kita rapatkan dengan Bu Wali Kota, Satgas Pangan serta Satgas Inflasi Daerah agar harga dapat terkondisi dengan baik, tidak ada kenaikan yang berarti,” ucap Iswar Aminudin.

Siti Aria, salah satu pedagang mengatakan, menjelang bulan Ramadan banyak permintaan yang datang dari pembeli untuk minyak goreng dan beras.

“Dibagi rata-rata berasnya dapat 10 pcs, minyaknya lima karton,” ujar Siti Aria.

Selain Pasar Bulu, Dinas Perdagangan bersama dengan Bulog juga akan melakukan operasi pasar di beberapa pasar tradisional lainnya hingga mendekati Lebaran.

#ramadan #minyakita #bulog




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x