Kompas TV regional berita daerah

Siswa SD Buat Lilin Aroma Terapi Dari Minyak Jelantah

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 18:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG,KOMPAS.TV - Kreatif dan luar biasa, inilah yang dilakukan sekelompok siswa kelas 4 SD Hj Isriati Baiturahman 1 Semarang. Anak-anak ini telah berhasil membuat lilin aroma terapi dari bahan dasar minyak goreng jelantah atau minyak bekas.

Lilin ini tidak sekedar penerang, namun menimbulkan bau yang khas yang berguna untuk terapi menghilangkan stress.

Untuk membuatnya sangat mudah, pertama-tama tuangkan minyak jelantah ke dalam panci, kemudian letakkan diatas kompor yang menyala dengan api kecil, selanjutnya masukan soy wax dan kemudian masukan pewarna alami. Aduk sampai rata dan setelah itu masukan essential oil dengan skstrak lemon. Setelah adukan merata diamkan agar dingin dan kemudian masukan ke dalam cetakan yang sudah diberi sumbu.

“Tujuannya biar menghilangkan stres siswa, ini kan ada full day school jadi untuk menghilangkan stress siswa,” ucap Avicenna Kahfia Mumtaza, Siswa SD Hj Isriati.

Pihak sekolah sendiri mendukung penuh kreatifitas siswa, dan berencana akan mematenkan produk buatan siswa ini. Terlebih produk siswa ini juga sudah berhasil menyabet medali perak pada event AISEEF di Undip bulan Februari 2023.

“Kesannya bermain tetapi ada muatan ilmiah sehingga nalar berpikir anak yang kritis, problem solving, kemudian inovasi dan kreatif ada di anak-anak. Sehingga visi sekolah untuk menjadikan anak yang unggul dapat tercapai,” ujar Amir  Yusuf, Kepala Sd Hj Isriati.

Untuk sementara ini produk lilin aroma terapi hasil karya siswa ini dipergunakan pihak sekolah sendiri untuk dinyalakan di dalam kelas. Bau atau aroma yang keluar dari lilin aroma terapy tersebut, dapat membuat siswa tidak stres dan kembali semangat belajar.

#siswa #sd #lilinaromaterapi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x