Kompas TV regional berita daerah

Klungkung Raih Penghargaan UHC Award 2023

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Pemerintah Kabupaten Klungkung menjamin kualitas kesehatan masyarakatnya, dengan menggelontorkan  anggaran sebesar 44 miliar rupiah,  ditambah  5 miliar rupiah dari Pemerintah Propinsi Bali setiap tahun. Anggaran tersebut digunakan  untuk membayarkan asuransi BPJS Kesehatan.

Capaian kepesertaan sebanyak 98,37 persen,   membuktikan kerja keras dan komitmen tinggi Pemerintah Kabupaten Klungkung, dalam menjamin kualitas kesehatan masyarakatnya.   Klungkung kembali menjadi kabupaten/kota yang sukses meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.  Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, dan diterima langsung Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3) lalu.

Kabupaten Klungkung berhasil mempertahankan raihan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2017 lalu,  dan  menandatangani perjanjian kerja sama menuju UHC. Selanjutnya pada  14 Februari 2018 Kabupaten Klungkung  mendatangani  perjanjian kerjasama dengan UHC  hingga saat ini,  dengan jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta jkn-kis sejumlah 213.934 jiwa atau 98,37 % dari total penduduk Kabupaten Klungkung.

Bupati Klungkung mengaku,  penilaian ini menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN, sekaligus  bukti nyata peran pemerintah dalam  memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Klungkung. Predikat ini menjadi salah satu prestasi yang luar biasa bagi Kabupaten Klungkung,  mengingat Klungkung bukanlah kabupaten yang memiliki PAD sebesar kabupaten/kota madya lainnya.  Namun dengan niat dan kerja keras yang tinggi maka komitmen tersebut berhasil diwujudkan.

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi pemerintah daerah yang telah konsisten mendukung program jaminan kesehatan nasional,  dengan mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah ke dalam program JKN, dan  meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014.

Ada  22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia yang  meraih UHC Award 2023. UHC Award ini sebagai bentuk penghargaan atas upaya optimalisasi penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional, Dengan Gotong Royong, Semua Tertolong.

 

 

 

 

#pemkabklungkung   #UHCaward   #jaminankesehatannasional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x