Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Akar Bawang Untuk Ogoh - Ogoh Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 16 Maret 2023, 11:56 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

GIANYAR, KOMPAS TV - Ada yang berbeda digagas anak muda di Gianyar, Bali, untuk menyambut perayaan ngerupuk sehari menjelang Hari Suci Nyepi.

Di Banjar Teges Kanginan, Peliatan, Ubud,  sekehe teruna setempat membuat ogoh - ogoh berbahan akar bawang, yang aplikasikan sebagai rambut dan bulu ogoh - ogoh.

Hal inipun menjadi sangat menarik, seperti bulu lebat dalam tokoh yang menyeramkan. Untuk mengumpulkan bahan akar bawang ini harus berkeliling mencari, mulai pasar sayur mayur, hingga sisa sampah akar bawang di hotel- hotel wilayah Bali.

Pembuatannya harus melalui proses yang cukup lama, mulai dari  mengumpulkan, sortir hingga mengeringkan bahan sebelum dipasang menjadi rambut dan bulu tubuh ogoh-ogoh.

Tidak hanya bulu, kerangka hingga sayap ogoh-ogoh pun, seluruhnya dibuat menggunakan bahan alami. Hampir tiga bulan dipersiapkan, pembuatan ogoh-ogoh inipun melibatkan ratusan anggota sekehe teruna dan juga dibantu warga lainnya.

Selain diadu dalam lomba ogoh-ogoh, juga akan diarak saat pengrupukan, sehari sebelum perayaan Hari Suci Nyepi, pada 22 Maret 2023 mendatang.

 

 

 

 

 

 

#ogohogoh  #akarbawang  #nyepi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x