Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Terus Naik Jelang Ramadhan, Warga Beli Cabai Busuk

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 20:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Menipisnya pasokan cabai jelang ramadhan, membuat harga cabai di Jember Jawa Timur naik. Sebagian besar pembeli pun memilih cabai busuk untuk kebutuhan masakan karena harganya murah.

Menjelang ramadhan, berbagai jenis cabai di lapak pedagang pasar tradisional tanjung Kabupaten Jember menurun. Akibatnya harga cabai naik, karena permintaan meningkat.

Harga cabai rawit tembus 80 ribu rupiah dari harga 70 ribu rupiah per kilogram, cabai merah besar naik 40 ribu dari harga 25 ribu rupiah per kilogram dan cabai hijau naik 30 ribu dari harga 25 ribu rupiah per kilogram.

Baca Juga: Tanam Cabai & Bawang di Lahan Sempit Dengan Sistem Tumpang Sari

Naiknya harga cabai membuat pembeli memilih cabai busuk atau kualitas buruk layak konsumsi, karena harganya lebih murah dengan selisih antara 5 ribu hingga 10 ribu rupiah per kilogram. Sebagian besar peminat cabai kualitas buruk adalah pemilik usaha rumah makan atau catering.

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari harga 30 ribu naik menjadi 40 ribu rupiah per kilogram dan bawang putih dari harga 25 ribu naik menjadi 32 ribu rupiah per kilogram.

Kenaikan harga diperkirakan terus terjadi hingga ramadhan dan lebaran.

 

#hargacabai #ramadhan #jember #cabai #bawang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x