Kompas TV regional berita daerah

Ramadan, BI dan Pemprov Jawa Tengah Siapkan 7 Langkah Antisipasi Inflasi

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 15:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Saat Ramadan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPWBI) Jawa Tengah bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah menyiapkan 7 langkah strategis dalam pengendalian harga untuk mengantisipasi laju inflasi. Bahkan menjelang Ramadan hingga Lebaran nanti, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah akan menggelar rapat teknis untuk merumuskan rencana pengendalian harga.

Salah satu langkah strategis yang akan dilakukan adalah operasi pasar atau pasar murah. Masyarakat juga diimbau untuk belanja secukupnya, terutama pada kebutuhan pokok selama Ramadan.

“Kami mengimbau masyarakat Jawa Tengah agar bisa berbelanja secara bijak dan untuk para pedagang jangan melakukan penimbunan barang. Demikian, kita dapat menjaga kestabilan inflasi,” ujar Rahmat Dwisaputra, Kepala KPWBI Jawa Tengah.

Pada siklus tahunan Ramadan dan Lebaran 2023, Bank Indonesia bersama TPID Provinsi Jawa Tengah mewaspadai peningkatan harga barang dan jasa akibat peningkatan permintaan masyarakat akan komoditas pangan utama.

Kondisi tersebut tercermin dari perkembangan harga beberapa komoditas pangan utama seperti beras, cabai merah, cabai rawit dan bawang putih yang tengah menunjukan arah peningkatan harga.

#ramadan #lebaran #inflasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x