Kompas TV regional berita daerah

Presiden Jokowi Resmikan Fasilitas Kawasan Suci Pura Besakih

Kompas.tv - 13 Maret 2023, 16:11 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tiba di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, sekitar pukul 12:36 WITA.

Jokowi yang mengenakan pakaian adat khas Bali dan didampingi ibu negara Iriana ini,  langsung melihat keindahan Pura Agung Besakih dari areal bencigah agung.

Presiden Jokowi selanjutnya  menuju tempat parkir Manik Mas dengan disambut tarian pendet dan tari baris. Peresmian tempat parkir berlantai empat ini ditandai dengan pemukulan kentongan dan penanda tanganan prasasti.

Proyek pembangunan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih ini menghabiskan anggaran mencapai 911 milyar rupiah,  dari dana APBN dan APBD Provinsi Bali.

Gubernur Bali menjelaskan,  Pura Agung Besakih merupakan pura pemujaan terbesar di Bali. Selain itu Besakih juga merupakan  hulunya kerajaan Bali dan pusat dunia.  Bahkan  tidak sembarangan orang bisa memasuki Pura Agung Besakih yang suci  untuk  memohon kerahayuan.

Presiden Jokowi mengaku sangat bahagia bisa berada di Pura Agung Besakih,  dimana Pura Besakih  sangat disucikan bukan hanya oleh umat hindu di Bali, tapi umat hindu seluruh nusantara. Dengan dibangunnya fasilitas yang  menelan biaya besar ini, Presiden Jokowi berharap  agar pengelolaan dilakukan dengan benar dan proporsional, serta menyiapkan manejemen kompetensi yang baik, sehingga mampu menjembatani ke pentingan-kepentingan yang ada.

Setelah meresmikan  pembangunan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih, Presiden Jokowi didampingi ibu negara menyapa dan membagikan kaos kepada warga yang berada di areal Pura Agung Besakih.

 

 

 

 

 

 

#presidenjokowi   #fasilitaspurabesakih   #puraagungbesakih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x