Kompas TV regional sosial

Kelola Sampah Organik, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun dan Eco Enzym

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 03:05 WIB
kelola-sampah-organik-kompas-gramedia-gelar-pelatihan-pembuatan-sabun-dan-eco-enzym
Kompas Gramedia menggelar pelatihan pembuatan sabun dan eco enzym dengan menggunakan sampah organik di Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kompas Gramedia menggelar pelatihan pembuatan sabun dan eco enzym dengan menggunakan sampah organik di Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Seperti yang diketahui, pertambahan penduduk dan meningkatnya pola konsumsi masyarakat menjadi salah satu faktor pendorong laju produksi sampah terus meningkat. 

Akibatnya, lingkungan tercemar yang lantas berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat. Sampah non-organik sudah banyak didaur ulang dalam rangka penyelamatan lingkungan selain juga masih memiliki nilai ekonomi. 

Namun, sampah organik masih menjadi persoalan karena tidak lagi punya nilai ekonomi dan pembusukannya dapat menjadi sumber gas metan yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Menyikapi hal tersebut, Kompas Gramedia melalui Kampung Kreasi pun menggelar pelatihan Pembuatan Sabun dari Hasil Kebun dan Pembuatan Eco Enzym di Rumah Kreasi pada Senin (06/03/2023) lalu. 

"Kali ini pelatihannya cukup berbeda, membuat sabun dari hasil kebun dan membuat eco enzym. Produk yang dihasilkan dalam pelatihan kali ini mengacu pada konsep zero waste, dari limbah organik yang tadinya terbuang bisa digunakan menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan," kata Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing Kerja, LSP Astekindo Kalbar Gelar Pelatihan dan Asesmen Calon Asesor

Pelatihan ini ditujukan untuk masyarakat binaan Kompas Gramedia yang terbagi dalam 3 RW, yaitu RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara, dan RW 14 Grogol Utara. Pelatihan ini pun disambut baik dan sangat diapresiasi oleh masyarakat. 

“Kita mengucapkan terima kasih banyak, alhamdulillah kita dapat ilmu baru dalam mengelola sampah-sampah organik untuk bisa digunakan dan bermanfaat, apalagi untuk teknik membuat sabun itu sangat berguna bagi kita. Untuk membuat eco enzym sebenarnya kita sudah mengaplikasikannya, tapi kami menyadari bahwa teknik yang diberikan mungkin jauh lebih bagus dari apa yang sebelumnya sudah kita praktikkan dalam membuat eco enzym,” tutur Ketua RT 10/RW 06 Grogol Utara Enik. 

Dalam kesempatan yang sama, Pendiri Salam Rancage Aling Nur Naluri selaku fasilitator pelatihan juga menyampaikan manfaat pelatihan ini sangat baik untuk lingkungan.

“Komitmen warga Kampung Kreasi Kompas Gramedia untuk mengkontribusikan eco enzyme dan membuat sabun dari kebun sendiri agar sungai dan lingkungan sekitar lebih lestari, merupakan upaya hebat dan mengagumkan," kata dia. 

"Saya percaya bahwa konsistensi masyarakat atas upaya-upaya yang nampak sederhana namun berdampak baik seperti ini, kelak akan makin bergulir, tumbuh dan membesar menjadi ‘bola salju kebaikan’, karena setiap kebaikan sejatinya akan menemukan jalan untuk membesar.” 

Baca Juga: Pelatihan Bisnis Online untuk UMKM dari Lazada Indonesia


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.