Kompas TV regional peristiwa

Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih dan Cabai Rawit Naik di Bandung Jawa Barat

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 18:52 WIB
jelang-ramadan-harga-bawang-putih-dan-cabai-rawit-naik-di-bandung-jawa-barat
Harga bawang putih dan cabai rawit merah naik di Pasar Kosambi dan Pasar Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

BANDUNG, KOMPAS.TV - Jelang bulan suci Ramadan, harga bawang putih dan cabai rawit Bandung, Jawa Barat (Jabar) naik.

Di Pasar Kosambi, Kota Bandung, harga dua sembako tersebut naik dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram.

"Kalau dulu harganya Rp28 ribu, tapi sekarang dari sana (distributor, -red) juga sudah Rp28 ribu per kilogram," kata salah satu pedagang di Pasar Kosambi, Imas, Selasa (7/3/2023), dilansir dari Antara.

Sementara itu, di Pasar Andir, harga bawang putih mencapai Rp32 ribu per kilogram.

“Menjelang puasa begini pasti harga pada naik, itu udah biasa. Biasanya seminggu mau puasa baru pada naik," kata Tuti, salah satu pedagang di Pasar Andir.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan adanya kenaikan harga cabai rawit di Kabupaten Bandung usai mengunjungi Pasar Baleendah.

“Memang ada kenaikan untuk cabai rawit merah, cabai rawit hijau, memang naik sampai harga 70-80 (ribu rupiah),” ungkap Presiden Jokowi, Minggu (5/3) dilansir dari laman Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Harga Daging Sapi di Jakarta Tembus Rp170.000/Kg dan Cabai Rawit Rp100.000/Kg, Berikut Selengkapnya

Ia menilai kenaikan harga cabai ini merupakan fenomena yang sering terjadi. Namun, dirinya meyakini harga tersebut akan turun pada bulan selanjutnya.

“Memang sulit diselesaikan, tapi memang kadang petani harus juga dapat untung. Tapi nanti kan bulan berikut sudah turun lagi,” kata Jokowi.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Noneng Komara Nengsih menyebut harga komoditas di tingkat pasar tradisional dan ritel menjelang bulan Ramadan masih terjaga dan terkendali, baik dari sisi stok maupun harga.

Noneng mengatakan, pihaknya setiap hari selalu ke lapangan untuk memantau harga sembako terkini.

"Kami rutin turun ke pasar untuk memantau kondisi stok dan harga sembako. Sementara laporan dari lapangan masih terkendali," kata Noneng, Selasa (7/3).

Ia juga menerangkan, Disperindag Jawa Barat rutin mengadakan kegiatan operasi pasar untuk pengendalian harga, terutama jika terpantau ada kelangkaan dan kenaikan harga.

Baca Juga: Harga Beras Di Pasaran Melonjak


 

 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x