Kompas TV regional berita daerah

Pasukan Ajusta Bangun Fasilitas dan Pasang Pompa Hidram di Maluku Tenggara

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 16:40 WIB
pasukan-ajusta-bangun-fasilitas-dan-pasang-pompa-hidram-di-maluku-tenggara
Satgas Yonarmed 1 Kostrad hadir untuk membantu masyarakat Kei membangun fasilitas air bersih bertempat di Desa Tutrean, Kec. Kei Besar Selatan, Kab. Maluku Tenggara. (Sumber: Dok.Satgas Yonarmed 1 Kostrad)
Penulis : KompasTV Ambon

AMBON,KOMPAS.TV- Program TNI AD Manunggal Air merupakan wujud nyata kehadiran TNI di tengah masyarakat sebagai solusi untuk sulitnya memenuhi kebutuhan air bersih di seluruh penjuru Nusantara. Seperti yang dilakukan oleh para “Ksatria Ajusta” Satgas Yonarmed 1 Kostrad dengan hadir untuk membantu masyarakat Kei membangun fasilitas air bersih bertempat di Desa Tutrean, Kec. Kei Besar Selatan, Kab. Maluku Tenggara.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M. dalam rilis tertulisnya di Pos Tutrean, Kec. Kei Besar Selatan, Kab. Maluku Tenggara. Minggu (5/03/2023)

Dansatgas mengatakan, TNI AD Manunggal Air ini merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat, dengan tujuan untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat berupa fasilitas air bersih.

“Program ini merupakan kebijakan dari Bapak KSAD kepada seluruh prajurit TNI AD dimanapun bertugas untuk membantu masyarakat yang masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Dengan harapan kedepan tidak ada lagi masyarakat yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Dansatgas.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pasukan Ajusta ini sejatinya berangkat dari implementasi Tujuh Perintah Harian Kasad poin kelima dan keenam, yaitu “TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi serta melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD”.

Selain itu, berawal dari banyaknya keluhan masyarakat akan kesulitan mendapatkan air bersih selama ini, Pos Tutrean Satgas Yonarmed 1 Kostrad bersama warga bergotong-royong bahu membahu membangun mulai dari penyiapan lahan, pembangunan bak air, pemasangan pompa hidram hingga pendistribusian air bersih terhadap wilayah yang tidak terjangkau air bersih tersebut.

Bapak Amandus Refra selaku Pejabat Kepala Ohoi Tutrean mengaku sangat senang dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota Pos dalam membantu warga Ohoi Tutrean untuk mengatasi kesulitan air bersih ini.

“Kami mewakili seluruh masyarakat Tutrean mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI khususnya Pos Tutrean ini yang telah membantu kami semua. Semoga Bapak-bapak TNI senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama bertugas di Ohoi kami. Sekali lagi Terima kasih, kami semua sangat senang. TNI AD selalu ada dihati rakyat ” ucap Amandus Refra.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x