Kompas TV regional berita daerah

SMA Negeri 4 Kota Semarang Ngundhuh Proyek, Ajang Kreativitas Siswa

Kompas.tv - 6 Maret 2023, 15:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bak pemain wayang orang profesional, siswa kelas 10 SMA Negeri 4 (Smapa) Kota Semarang, Jawa Tengah, tampil memukau di atas panggung dengan membawakan berbagai cerita, yang di dalamnya memuat pesan moral tentang nasionalisme, Bhinneka Tunggal Ika, sifat kesatria dan lainnya tentang nilai-nilai Pancasila.

Wiwin Sri Winarni, Kepala SMA Negeri 4 Kota Semarang mengatakan, tiga proyek yang dibuat oleh pihak sekolah yaitu tema gaya hidup berkelanjutan. Dengan memanfaatkan limbah yakni mengurangi, menggunakan ulang serta mendaur ulang, seperti membuat pupuk kompos, lilin aromaterapi dan lain-lainnya.

Proyek kedua yaitu tentang infografis yang bertemakan Bhinneka Tunggal Ika. Para siswa menampilkan informasi Budaya Indonesia dalam bentuk infografis melalui media digital dan manual. Kedua hasil karya tersebut dipamerkan di sebuah expo di masing-masing kelas, bersamaan dengan acara pertunjukkan kesenian, yang diselenggarakan selama dua hari dengan jumlah siswa 395 yang terdiri dari 11 kelas.

Pertunjukan kesenian ini memiliki konsep kearifan lokal, dengan menampilkan kesenian wayang orang dan semua ditampilkan dengan cerita yang berbeda-beda.

Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila (P5) ini bisa terealisasikan dengan adanya bantuan para siswa. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, saling bekerja sama secara tim dan memunculkan kreativitas serta inovasi dari para siswa selama mempersiapkan penampilan.

“Di dalam implementasi Kurikulum Merdeka itu ada proyek. Di SMA N 4 Kota Semarang ini ada tiga proyek yang kita laksanakan,”ucap Wiwin.

Jika kegiatan itu diterapkan oleh seluruh pelajar Indonesia, maka akan muncul motivasi untuk berprestasi, baik secara akademik maupun non-akademik.

#siswasma #wayangorang #kurikulummerdeka



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.