Kompas TV regional peristiwa

Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Erick Thohir: Akan Ada Penataan Ulang

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 17:07 WIB
usai-kebakaran-depo-pertamina-plumpang-erick-thohir-akan-ada-penataan-ulang
Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi daerah terdampak kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan ada penataan ulang zona industri BUMN seperti kilang minyak dan pupuk, dengan permukiman. Hal itu diungkapkan usai kebakaran melanda depo Pertamina di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam.

Erick menyebut penataan ulang tersebut ditujukan untuk membuat kawasan penyangga (buffer zone) demi keamanan warga. 

"Semoga ini bisa menjadi solusi juga, bahwa masyarakat mengerti kawasan itu tidak aman, jangan ditinggali kembali,” kata Erick saat mengunjungi daerah terdampak kebarakan depo Pertamina, Sabtu (4/3/2023).

Baca Juga: Tinjau TKP Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Kapolri: Penyebab Diinvestigasi, Saksi akan Dipanggil

Erick sendiri mengunjungi daerah terdampak kebakaran di Jakarta Utara bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Kapolda Metro Jaya Fadil Imran telah mengunjungi tempat pengungsian warga.

Listyo menyebut penyebab kebakaran depo Pertamina Plumpang sedang diinvestigasi dan saksi-saksi dari masyarakat, Pertamina, dan kalangan ahli, akan dipanggil untuk penyelidikan.

Dia sedianya akan meninjau lokasi kebakaran di depo Pertamina. Ia menyebut tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri sedang melakukan olah TKP, melibatkan Puslabfor Polri dan Pusinafis.

"Kita harapkan dalam waktu dekat akan ada langkah-langkah yang dilakukan untuk menindaklanjuti pasca-kebakaran,” kata Listyo.

Kebakaran depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3) malam menewaskan setidaknya 17 orang dan melukai puluhan lainnya. Sedikitnya dua warga masih dinyatakan hilang pasca-kebakaran.

Sebelumnya, Kementerian BUMN menyebut Pertamina akan menanggung biaya perawatan korban kebakaran pipa minyak di depo Plumpang.

“Ya, Pertamina akan menanggung biayanya. Yang terutama saat ini adalah penanganan-penanganan yang penting dulu,” kata Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga, Sabtu (4/3).

Baca Juga: Cerita Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Rumah Luluh Lantak, tapi Mobil Tak Terbakar


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x