Kompas TV regional berita daerah

Cegah Longsor, Warga Punsae Ungaran Bangun Talud dari Ban Bekas

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 14:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Relawan Jagawana Rescue yang membantu warga Perumahan Punsae Ungaran Asri Regency, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, untuk menanggulangi longsor susulan dengan memilih menggunakan ban bekas.

Dikarenakan harganya yang murah dan mudah didapat. Selain itu, ban bekas juga dinilai tahan air dan goncangan dari berbagai faktor.

Upaya membangun talud sementara ini dilakukan dengan cara ban bekas diisi dengan potongan-potongan kain dan material berat, kemudian dipasak menggunakan bambu dan besi. Untuk menanggulangi longsor dengan membangun talud sementara ini, setidaknya membutuhkan lebih dari 2 ribu ban bekas.

“Sekitar 40 meter ke bawah, kami menemukan titik-titik tanah yang cukup berpotensi untuk dasar pembuatan pasak pertahanan. Maka, kami mengaplikasikan ban bekas. Kami memilih ban bekas karena kami bisa meminta sumbangan para relawan yang mendonasikan material tersebut,”kata Stefan Edy, relawan Jagawana Rescue.

Sebelumnya, longsor di ujung perumahan sudah terjadi sejak akhir bulan Desember 2022 dan pertengahan Januari 2023. Menyikapi intensitas hujan yang masih tinggi, warga yang rumahnya berada dekat dengan tebing, mengungsi ke tempat yang lebih aman. Karena dimungkinkan terjadi longsor susulan dan akan semakin meluas.

#longsor #talud #perumahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x