Kompas TV regional berita daerah

Berlangsung Sebulan, Bulan Bahasa Bali Sukses

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

DENPASAR, KOMPAS TV - Sebulan menggelar kegiatan Bulan Bahasa Bali, Bulan Bahasa Bali  secara resmi ditutup oleh Gubernur Bali Wayan Koster. Mengambil lokasi di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar ini, Gubernur Bali pada penutupan  menyerahkan berbagai hadiah kepada juara lomba serangkaian Bulan Bahasa Bali tahun 2023.

Selain itu Gubernur Bali  Wayan Koster juga  memberi penghargaan utama, Kerthi Nugraha Mahottama kepada dua tokoh yang berjasa di bidang bahasa, aksara dan bahasa Bali. 2 tokoh tersebut yakni IB Agastia dan Gede Sura.

Tidak hanya itu, penghargaan Pramana Patra Ambara Nugraha, juga diberikan Pemerintah Provinsi Bali kepada 5 lembaga televisi dan 5 lembaga radio yang menyiarakn secara khusus berita berbahasa Bali selama bulan bahasa. Kompas TV sebagai salah satu penerima penghargaan tersebut, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Bali, didampingi Wakil Gubernur dan kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.


gelaran Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini dinilai sukses dan semakin meriah diselenggarakan dari tahun ke tahun, mulai dari tingkat desa adat, desa kelurahan, kecamatan, hingga sekolah yang telah berkomitmen untuk melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali.


Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiarta mengatakan, dari 9 kabupaten kota yang ada di Bali, Kabupaten Klungkung tahun ini tercatat 100 % sudah menjalankan Bulan Bahasa Bali.

Rangkaian penutupan Bulan Bahasa Bali kelima tahun 2023, yang mengambil tema Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani ditutup dengan pergelaran drama gong "Nyomia Mrana" yang dimainkan oleh Paguyuban Peduli Seni Drama Gong Lawas.

 

 


 

#penutupanbulanbahasabali  #pemrovbali  #bulanbahasabali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x