Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai di Pasaran Terus Naik

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 18:38 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Dalam beberapa pekan terakhir, harga komoditas cabai rawit terus mengalami kenaikan. Kini harga cabai rawit di pasar berkisar Rp 70.000 - Rp 80.000 per kilogram.

Di Pasar Tradisional Bunulrejo Kota Malang, harga cabai terus mengalami kenaikan, Jumat (24/02/2023). Kenaikan harga cabai ini menurut pedagang terjadi terus menerus, meski dalam beberapa hari turun namun kenaikan kembali terjadi.

Nasir, salah satu pedagang di Pasar Bunulrejo menjelaskan, harga cabai akan turun jika pasokan berlimpah. Namun kini harga cabai kembali melonjak karena minimnya pasokan dari petani.

Hujan dengan intensitas tinggi menurut pedagang menjadi penyebab kenaikan harga, karena tanaman cabai milik petani banyak yang rusak dan busuk sehingga pasokan berkurang.

Selain harga yang terus melonjak, kualitas cabai yang didapat pedagang juga kurang bagus. Dengan harga cabai yang mahal, menurut pedagang daya beli masyarakat juga turun.

"Naik terus dua mingguan. Naik karena faktor cuaca kebanyakan hujan pohonnya mati," Katanya.

Pedagang memperkirakan, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan harga cabai di pasaran akan terus naik seperti tahun lalu saat cabai tembus hingga Rp 110.000 ribu per kilog ram.

#cabaimahal 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x