Kompas TV regional berita daerah

Berbuah Manis, 36 Unit Rumah Deret untuk KK Miskin Lengkap Dengan Pemberdayaan Segera Dibangun

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 14:42 WIB
berbuah-manis-36-unit-rumah-deret-untuk-kk-miskin-lengkap-dengan-pemberdayaan-segera-dibangun
Foto : Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menerima bantuan dana Rumah Deret Pemberdayaan Masyarakat Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan dari Plt Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Faisal, di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Rencana mulia Pemkab Klungkung, dalam hal ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, untuk menyediakan rumah deret bagi beberapa warga kategori sangat miskin segera terwujud. Rumah deret ini juga nantinya akan dilengkapi kegiatan pemerdayaan, sehingga kedepan warga bisa memiliki keterampilan dan menghasilkan pendapatan untuk bisa lepas dari kemiskinan.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menerima bantuan dana Rumah Deret Pemberdayaan Masyarakat Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan dari Plt Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Faisal,  di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (24/2/2023).

Rencananya nanti ada 36 unit rumah deret yang dibangun diatas lahan seluas 22.470 m2. Total anggaran untuk pembangunan rumah deret tersebut mencapai Rp3.060.000.000, yang akan diperioritaskan bagi beberapa warga miskin yang termasuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengatakan, bantuan rumah deret ini nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai komponen pemberdayaan seperti kerajinan, peternakan, perkebunan hingga pemasaran produk UMKM. Selanjutnya bisa dimanfaatkan warga untuk dikelola secara individu maupun berkelompok.

"Melalui kegiatan pemerdayaan, diharapakan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat serta mampu mengeluarkan mereka dari garis kemiskinan," ujar Putra Mahajaya.

Sementara untuk fasilitas masih menyusul. Pada tahap awal ini masih fokus pada pembangunan unit rumah. Kedepan akan ditambah berbagai fasilitas sesuai proposam awal, misal lengkap dengan jalan lingkungan, paving, got drainase, TPS3R untuk pengelolaan sampah, dan IPAL Komunaln pasar UMKM, area bermain hingga edukasi anak.

Foto : Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, meninjau langsung lahan yang akan menjadi lokasi Rumah Deret Pemberdayaan Masyarakat Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan (Sumber: Kompas TV Dewata, Pemkab Klungkung)

Sementara Bupati Suwirta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan ini. Ia berharap proses pembangunannya nanti berjalan dengan lancar dan tentunya dikerjakan tidak asal-asalan.

"Terimakasih pemerintah pusat atas bentuk perhatian kepada masyarakat Klungkung terutama masyarakat KK miskin, semoga proses pembangunannya nanti berjalan dengan baik dan lancar," harap Suwirta.

Bupati Suwirta juga meninjau langsung lahan rumah deret tersebut. Saat tiba dilokasi, Suwirta menilai lokasi dibangunnya rumah deret ini sangat strategis. Ia meminta setelah nantinya di bangun, agar kebersihan lingkungan bisa dijaga dengan sebaik-baiknya.

 "Jadi sarana prasarana fasilitas juga dirawat dan dijaga. Kemudian apapun komponen pemberdayaan yang diberikan harus diikuti dan ditekuni dengan baik sehingga nantinya bisa cepat keluar dari garis kemiskinan," harap Suwirta.  (Krista)

 

 

 

 

 

 

#pemkabklungkung  #rumahderetpemberdayaan   #kkmiskin



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x