Kompas TV regional berita daerah

Diguyur Hujan, Sungai Bremi Meluap Merendam Ribuan Rumah

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 14:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Hujan deras dari hari Rabu (22/2/2023) malam hingga Kamis (23/2/2023) siang, menyebabkan Sungai Bremi, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, meluap. Akibatnya, banjir menggenangi ribuan rumah warga di Kota Pekalongan.

Banjir tersebut paling parah terjadi di dua kelurahan di Kecamatan Pekalongan Barat. Dua kelurahan itu yakni Kelurahan Tirto dan Kelurahan PasirKratonKramat, dengan ketinggian air rata-rata 70 sentimeter. Relawan dari BPBD, TNI dan Polri mengevakuasi warga yang kesulitan beraktivitas karena banjir.

Meluapnya air Sungai Bremi ini, diakibatkan curah hujan yang deras dan buruknya saluran air. Total ada 84 warga yang sudah memilih mengungsi di tiga lokasi pengungsian yang disediakan.

“Paling parah di Kelurahan Tirto, khususnya di Kampung Baru RT 3 dan RT 4 RW 8. Kalau yang di Kelurahan PasirKratonKramat itu hanya di beberapa titik. Dan sampai saat ini ada kemungkinan ketinggian air akan semakin meningkat,”kata Sri Karyati, Camat Pekalongan Barat.

Kapten Inf Abdul Mutholib, Danramil Pekalongan Barat mengatakan, upaya yang dilakukan yaitu dengan mengevakuasi warga yang terendam banjir rumahnya.

“Bersama Bu Camat dan Polsek, alhamdulillah dari Brimob sudah mengevakuasi warga-warga ke tempat pengungsian,”ujar Kapten Inf Abdul Mutholib.

Hingga kini, berbagai upaya untuk menangani banjir sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan pompa air di sejumlah titik.

#pekalongan #banjir #hujanderas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x