Kompas TV regional berita daerah

Melihat Produksi Bakpia Khas Sabang Oleh-Oleh Paling Diburu Wisatawan

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

SABANG, KOMPAS.TV - Selain membeli langsung disejumlah pusat jajanan oleh oleh khas Sabang, wisatawan juga bisa berkunjung langsung ke sentra produksi Bakpia MD, di Jaboi, Sabang.

Setiap harinya, produksi bakpia dimulai dari pukul tujuh pagi. Mulai dari mengaduk tepung, memasak kacang hijau sebagai isi bakpia, serta proses pembuatan bakpia oleh ibu ibu rumah tangga.

Bakpia MD memiliki beberapa varian rasa, mulai dari kacang hijau, pandan, hingga coklat. Setiap harinya, para pekerja mampu memproduksi hingga 8 ribu butir bakpia. Kecepatan tangan ibu-ibu tersebut tak perlu diragukan lagi.

Setelah proses pembuatan, bakpia kemudian dimasak didalam oven selama 20 menit, hingga mengembang dan berubah warna. Baru dilakukan proses finishing berupa pengemasan.

Maulidar, owner bakpia MD mulai memproduksi bakpia sejak tahun 2014 silam. “Sempat mengalami pasang surut produksi dan sempat tutup saat pandemi covid 19, kini mulai bangkit, permintaan pun semakin banyak, seiring meningkatnya wisatawan dan permintaan ke luar sabang”ungkapnya.

Berbeda dengan faya, “ baru pertama kali melihat proses produksi bakpia secara langsung, ini menjadi pengalaman pertama bagi saya bisa langsung belajar membuat bakpia hingga mencicipi langsung”.

Bakpia MD sendiri dibandrol dengan harga 15 ribu rupiah, dengan isi 10 hingga 12 perkotaknya. Nah bagi pengunjung yang berwisata ke Sabang, bakpia MD bisa menjadi salah satu pilihan oleh oleh untuk menemani kepulangan dan dibagikan kepada kerabat dan keluarga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x