Kompas TV regional berita daerah

Presiden Hadiri Rakernas APPSI Bahas Bagi Hasil Dan IKN

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 15:20 WIB

SAMARINDA, KOMPAS TV - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia, akan dilangsungkan, di Balikpapan, Kalimantan Timur. Rapat APPSI ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Hal ini disampaikan ketua APPSI, Isran Noor yang juga selaku gubernur provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Isran, ada beberapa aspirasi seluruh kepala daerah se-Indonesia, diantaranya, bagaimana meningkatkan kerja sama antar daerah. Tujuannya kerja sama dan membangun koordinasi dan komunikasi yang baik antara provinsi dengan kabupaten sebagai mitra kerja,serta membangun dan menjalin hubungan harmonis dengan pemerintah pusat.

Selain itu, pada rakernas kali ini mengenai dana bagi hasil pusat dan daerah. Karena ini adalah aspirasi daerah-daerah sejak lama. Karena dengan cara meningkatkan kapasitas keuangan daerah masing-masing, bisa mempercepat laju pembangunan seluruh daerah di Indonesia. Sekaligus menjadi solusi, untuk kelangsungan nasib tenaga honorer.

Saat ini, bagi hasil APBN terlalu kecil, yaitu hanya sekitar 30% untuk dibagi 514 kabupaten kota di 38 provinsi.

Selain itu, Isran juga menyampaikan, APPSI secara aklamasi mendukung pemerintah pusat dalam menyelenggarakan segenap program kerja yang sudah diagendakan seperti percepatan pembangunan IKN Nusantara.

Hal tersebut ditujukan sebagai upaya memeratakan dan menciptakan pembangunan ekonomi bagi seluruh bangsa.

#IKN #Nusantara #APPSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x