Kompas TV regional berita daerah

Hujan Deras, Akses Jalan di Lereng Gunung Sumbing Longsor

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 12:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur lereng Gunung Sumbing, Jawa Tengah, menyebabkan akses jalan alternatif penghubung Wonosobo-Magelang, tepatnya di Desa Ngropoh, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, longsor pada akhir pekan kemarin.

Bahu jalan sepanjang sekitar 32 meter tersebut longsor setelah diguyur hujan. Hampir separuh bahu jalan longsor sehingga hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Menurut Kepala Desa Ngropoh, Saman Supeno, akses jalan tersebut biasanya digunakan untuk mengangkut hasil pertanian menuju pasar tradisional. Dengan adanya kejadian tersebut, kendaraan roda empat atau lebih, terpaksa memutar melalui jalan lain yang jaraknya lebih jauh hingga 7 kilometer.

“Kejadian ini (longsor) berdampak pada perekonomian. Karena sebagian besar warga sekitar Wonosobo bagian selatan sini dan bagian timur, untuk penghasilan sayur dibawa ke Magelang atau Surabaya lewatnya jalur ini,”ucap Saman.

Warga berharap, jalan tersebut segera diperbaiki dan bisa kembali digunakan agar akses perekonomian masyarakat sekitar menjadi lancar.

#longsor #wonosobo #gunungsumbing



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x