Kompas TV regional berita daerah

Ali Fauzi, Mantan Napiter Bom Bali Raih Gelar Doktor

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 20:08 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Ali Fauzi, mantan narapidana teroris, pelaku bom bali resmi menyandang gelar Doktor usai diwisuda di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (21/02/2023). 

Ali fauzi menyelesaikan studi S3 dengan desertasi berjudul moderasi beragama bagi para eks napiter, yang digelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang ini sekilas memang tidak ada perbedaan dengan wisuda pada umumnya.

Namun yang tidak banyak diketahui khalayak, salah satu diantara ribuan wisudawan ini adalah mantan narapidana teroris, yang menjadi pelaku bom bali satu yakni Ali Fauzi.

Ali Fauzi diwisuda setelah meraih gelar Doktor setelah menyelesaikan S-3 selama tiga setengah tahun. Disertasi Ali Fauzi yang berjudul moderasi beragama bagi eks napiter mendapatkan nilai A di hadapan penguji.

Menurut Ali, untuk mendapatkan gelar Doktor tidaklah mudah, hampir menyerah dan putus asa sempat terbersit dalam pikirannya. Namun dukungan dari promotornya memnuat semangatnya kembali menyala.

Di hadapan wisudawan lain, Ali Fauzi meminta maaf karena perbuatannya di masa lalu. Ia juga terharu karena masih disambut baik. Dengan kondisinya sekarang Ali Fauzi ingin mengajak teman temannya yang masih berada di dunia terorisme untuk kembali ke jalan kebenaran.

"Saya ingin menjadi dokter teroris, mengobati mereka yang masih destruktif, tentu itu tidak bisa saya dapatkan sendiri saya harus berguru," katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Malang menyambut baik keberhasilan ali fauzi meraih gelar Doktor. UMM juga membuka tangan kepada mantan napiter lain yang mau bertaubat, dan meneruskan pendidikan di UMM.

"Sejak awal kita mendesain Islam moderat, dan hari ini merupakan sejarah salah satu wisudawan adalah mantan teroris yang sudah bertaubat," Kata Rektor UMM.

Ali Fauzi berharap apa yang ia raih sekarang bisa menginspirasi teman temannya yang lain untuk melanjutkan pendidikan.

 #wisudamantannapiter #bombali

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x