Kompas TV regional berita daerah

Sebanyak 20 Mahasiswa Asing Belajar Budaya dan Tradisi Jawa di Unissula Semarang

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 15:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 20 mahasiswa asing yang berasal dari 8 negara, di antaranya Taiwan, Filipina, Bangladesh, Myanmar, Hongkong, Makau, Paraguay dan Malaysia, belajar budaya dan tradisi Jawa. Mereka hadir dalam program pertukaran pelajar bertajuk University Mobility in Asia and the Pacific (UMAP) Discovery Camp Winter 2023 di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Kota Semarang, Jawa Tengah.

Koordinator Kerjasama Luar Negeri Unissula, Rio Pribadi menegaskan selain belajar di dalam kampus, juga diterapkan belajar di luar kampus seperti yang dilakukan di Klub Merby, Jalan MT Haryono, Kota Semarang. Mereka belajar seluk-beluk batik dan mengenal mainan tradisional, wayang serta tradisi budaya nusantara lainnya.

Mahasiswa asing ini telah bergabung bersama 10 mahasiswa dari Unissula, dimana mereka belajar bersama yang dijadwalkan selama sepekan.

“Kegiatan (UMAP) ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa Unissula untuk berhubungan, berinteraksi, dan berteman dengan mahasiswa asing hingga menambah pergaulan internasional. Mereka belajar banyak hal, utamanya adalah SDGs dengan berbagai topik,”ujar Rio.

Para mahasiswa asing ini tidak hanya mengenal budaya dan tradisi Jawa, khususnya Semarangan. Namun juga berkunjung ke sejumlah objek wisata dan religi, di antaranya adalah Masjid Agung Jawa Tengah dan wisata di Desa Lerep, Ungaran, Kabupaten Semarang.

#mahasiswa #pertukaranpelajar #budaya



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.