Kompas TV regional gaya hidup

Mengapa Webtoon Sering Diadaptasi Jadi Drama Korea?

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 17:00 WIB
mengapa-webtoon-sering-diadaptasi-jadi-drama-korea
Webtoon merupakan salah satu media populer di Korea. Itu sebabnya, banyak drama yang diadaptasi dari webtoon. (Sumber: Kamjagiya Korea!/Medio by KG Media)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Drama Korea memiliki jalan cerita yang berasal dari berbagai sumber. Selain cerita orisinal, banyak pula drama Korea yang diadaptasi dari webtoon. Webtoon sendiri adalah perpaduan kata dari 'web' dan 'cartoon', yang berarti kartun atau komik dapat dinikmati secara daring dalam bentuk website.

Melansir Forbes, bentuk hiburan instan ini mulai diminati masyarakat Korea pada awal 2000-an. Kini, webtoon pun juga menarik pembaca internasional hingga tersedia situs yang berisi karya terjemahan sesuai bahasa audiens, seperti Webtoon Indonesia.

Salah satu webtoon yang kini diadaptasi menjadi drama adalah Taxi Driver. Dalam Kamjagiya Korea! episode “Makin Tegang, Series Taxi Driver 2 Ada Pembalap Baru!” dengan tautan dik.si/KamKorTD2, disebutkan bahwa drama ini bahkan telah memasuki musim kedua dengan cerita yang kian menegangkan.

Webtoon: Populer Karena Masifnya Teknologi

Jika di Jepang komik disebut manga dan di China dikenal sebagai manhua, di Korea komik ini disebut manhwa. Manhwa itu pun kini telah bertransformasi ke arah digital. Bahkan, aktivitas membaca komik digital ini semakin populer karena negara ginseng ini memiliki masyarakat yang tinggi kepemilikan smartphone dan penggunaan internetnya.

Baca Juga: Kenapa Drama Korea Sangat Populer di Indonesia?

Tingginya akses ini tak lain karena diprakarsai oleh aksesibilitas layanan internet berkecepatan tinggi yang tersedia di seluruh kawasan Korea Selatan. Pecinta komik di negara ini bisa mengakses puluhan situs yang menerbitkan ratusan komik digital. Beberapa di antaranya gratis, namun ada pula yang berbentuk langganan berbayar.

Masih dalam sumber yang sama, Ernest Woo, Chief Producer Officer TappyToon Comics, bahkan mengatakan, “Separuh orang di negara ini telah membaca atau menjadi pembaca aktif webtoon. Itu adalah angka yang cukup besar karena mereka cepat dibaca. Beberapa di antaranya memiliki alur cerita yang menarik dan (berhasil) dieksekusi dengan baik.”

Alasan lainnya adalah kreativitas tanpa batas. Webtoon menyediakan ruang bagi para penulis untuk membagikan ide-idenya secara gratis. Tak ada batasan imajinasi membuat webtoon bisa menjembatani penulis dengan audiensnya. Sementara itu, menulis naskah drama atau film pasti membutuhkan pertimbangan tertentu.

Webtoon yang populer dan disukai banyak orang biasanya menarik minat produser untuk mengangkatnya ke layar kaca. Hal ini pun disambut baik oleh para penggemar loyalnya sebab pasti ada beberapa perubahan jalan cerita yang membuat mereka penasaran.

5 Rekomendasi Drama Adaptasi Webtoon

Selain Taxi Driver, ada pula beberapa drama Korea yang terkenal karena merupakan adaptasi webtoon. Pertama adalah True Beauty yang dibintangi Moon Ga Young, Cha Eun Woo, Hwang In Youp, dan Park Yoo Na. Berasal dari judul yang sama, drama ini mengisahkan perjalanan hidup gadis SMA yang dirundung karena punya paras yang jelek. Ia pun akhirnya berubah karena belajar merias diri.

Kedua, yaitu Nevertheless yang menceritakan Yoo Na Bi (Han So Hee) sebagai seorang perempuan apatis. Ia sudah tidak lagi peduli dengan dunia romansa karena pengalaman masa lalunya. Namun, pada suatu hari, ia bertemu dengan seorang pria bernama Park Jae Yeon (Song Kang) yang berhasil mengubah hidupnya.

Baca Juga: 5 Drama Korea yang Paling Dinanti di Tahun Ini

Ketiga adalah Sweet Home yang dibintangi Song Kang, Lee Jin Wook, Go Min Si dan Lee Si Young. Drama yang akan memasuki musim keduanya tahun ini mengangkat kisah perjuangan warga sebuah rusun yang dikepung monster mengerikan.

Keempat, yaitu All Of Us Are Dead yang mengisahkan wabah virus di SMA Hyosan. Orang-orang pun terinfeksi dengan cepat dan berubah menjadi zombie pemakan manusia. Para siswa di SMA itu harus berjuang untuk bertahan hidup.

Kelima adalah Itaewon Class yang mengisahkan mantan terpidana Park Sae Royi (Park Seo Joon). Hidupnya berubah drastis setelah dikeluarkan dari sekolah dan ayahnya tewas. Mengikuti jejak sang ayah, ia pun membuka restoran bar DanBam di Itaewon.

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! hanya di Spotify.

Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media. Akses juga informasi lengkap seputar drama Taxi Driver 2 melalui tautan berikut dik.si/KamKorTD2.

Penulis: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x