Kompas TV regional berita daerah

Merekam Keindahan Sudut Kota Semarang Melalui Sketsa

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 14:36 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berdiri sejak tahun 2015, Komunitas Semarang Sketchwalk secara konsisten melukis keindahan setiap sudut Kota Semarang melalui karya seni berupa sketsa. Sesuai dengan namanya, komunitas ini melakukan sketsa dengan berkeliling dan berjalan-jalan bersama. Setidaknya sudah ada sekitar 80 anggota aktif mulai dari usia anak-anak dengan rentang usia 5 tahun hingga yang paling tua 70 tahun.

Melihat kondisi bangunan Kota Semarang yang memiliki banyak kisah dan sejarah, membuat sebagian besar hasil karya para pelukis sketsa ini adalah potret arsitektur dan bangunan. Para pelukis sketsa pun memiliki karakter gambarnya masing-masing, ada yang menggunakan pensil, spidol, cat air, dan juga tinta.

“Secara tidak langsung kita berhubungan dengan pariwisata karena objek yang kita gambar memang bangunan bangunan sejarah di Kota Semarang dan kita juga menggali sejarahnya seperti apa seperti contoh nya daerah Pecinan,” ujar Ratna Sawitri,Ketua Komunitas Semarang Sketchwalk

Setiap bulan pada minggu ketiga, komunitas ini akan rutin melakukan jalan-jalan bersama-sama di area Kota Semarang yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya tempat yang di kunjungi adalah ikon-ikon Kota Semarang dan tempat bernilai historis lainnya, selain menggambar mereka juga mesti paham akan kisah dari tempat tersebut.

Sehingga selain sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, komunitas ini juga berkontribusi untuk mempromosikan wisata Kota Semarang melalui sketsa yang mereka posting di media sosial maupun melalui pameran. Tak hanya pameran, Komunitas Semarang Sketchwalk juga rutin mengadakan workshop serta beragam kompetisi baik tingkat Nasional maupun Internasional. Saat ini, komunitas ini sudah memiliki galerinya sendiri yang bertempat di jalan Suari, Kawasan Kota Lama, Semarang.

Bagi anda yang berjalan-jalan di Kota Lama, jangan khawatir untuk mampir sembari melihat-lihat hasil sketsa para pelukis sebab galeri ini dibuka setiap hari untuk umum tanpa dipungut biaya, mulai jam 08.00 WIB hingga jam 22.00 WIB. Jika anda tertarik untuk mengoleksi, sketsa-sketsa yang dipajang pun bisa anda dapatkan dengan mahar sesuai dengan harga yang tertera.

#kotalama #semarang #wisata



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x