Kompas TV regional berita daerah

Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peringati Tumpek Krulut

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 13:22 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

DENPASAR, KOMPAS TV - Pemerintah Kota Denpasar menggelar upacara Jana Kerthi memperingati pitenget Tumpek Krulut di Pura Agung Jagadnatha Denpasar .

Upacara Tumpek Krulut di Kota Denpasar di puput oleh  sulinggih Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten, dan dihadiri  Walikota Denpasar,  I Gusti Ngurah Jaya Negara, serta jajarannya.

Tumpek Krulut merupakan hari untuk mengupacarai sarwa tetangguran atau gambelan, berbagai jenis gambelan dihadirkan untuk diupacarai, seperti, gong gede, gong beri, gandrung, gong semarandana, hingga gong semara pegulingan. Selain itu juga menampilkan tari topeng, dan tari Rejang Renteng.

Saat Tumpek Krulut, umat Hindu memuja Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewa Iswara dewa keindahan, memohon agar diberikan kesenangan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Upacara Tumpek Krulut diisi dengan persembahyangan bersama.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara  mengatakan, upacara  Tumpek Krulut rutin digelar di kota denapasar. Hari Tumpek Krulut mencerminkan keindahan dan hari kasih sayang bagi umat Hindu Bali. Diharapkan, warga Kota Denpasar dapat membangkitkan  spirit wasudeva kuntumbakham atau menumbuhkan rasa menyama braya terwujud dalam sikap saling menolong.

Tumpek Krulut juga diperingati sebagai hari kasih sayang   yang diharapkan dapat membangkitkan  tresna asih, yang menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. Acara ini di akhiri dengan makan bersama.

 

 

 

 

 

 

#pemkotdenpasar   #tumpekkrulut   #puraagungjagatnatha 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x