Kompas TV regional berita daerah

Bantu KPU, Penyandang Disabilitas Jadi Petugas Pantarlih

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 13:17 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Seakan tidak mau terhalang dengan kondisi fisiknya, Ridho Kuncoro seorang pemuda penyandang disabilitas turut membantu KPU Kota Bandar Lampung dengan terlibat menjadi petugas pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih atau pantarlih.

Dengan sepeda motor yang sudah dimodifikasi, satu persatu rumah di kawasan Kelurahan Labuhan Ratu Bandar Lampung ia sambangi untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Baca Juga: Pedagang : Beras Naik, MinyaKita Hilang di Pasaran

Meski kondisi lengan tangan nya tidak sempurna dan harus menggunakan kaki palsu, Ridho Kuncoro merasa masih bisa melakukan tugasnya dengan baik tanpa ada kendala.

"Saya kerjanya enjoy seperti orang normal lainnya," ujar Ridho Kuncoro, Petugas Pantarlih KPU Bandar Lampung.

Sementara Komisioner KPU Bandar Lampung, Fery Triatmojo mengungkapkan untuk petugas pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih (pantarlih), tidak ada batasan bagi petugas penyandang disabilitas untuk bisa bergabung. Asalkan penyandang disabilitas tersebut dinilai masih mampu untuk melakukan pekerjaannya.

"Kami membuka lebar partisipasi dan tidak ada perbedaan antara disabilitas maupun normal. Selama motivasinya tinggi, kami sangat senang," ujar Fery Triatmojo, Komisioner KPU Bandar Lampung.

Sejak dimulainya pada Februari hingga Maret 2023, total sudah 25 persen warga Bandar Lampung  yang dilakukan pemutakhiran data pemilih serta pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

#disabilitas #kpu #petugaspantarlih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x