Kompas TV regional peristiwa

Proses Evakuasi Kapolda Jambi dkk Temui Kendala, Wali Kota Jambi Gelar Doa, Warga Bantu Pawang Hujan

Kompas.tv - 20 Februari 2023, 12:43 WIB
proses-evakuasi-kapolda-jambi-dkk-temui-kendala-wali-kota-jambi-gelar-doa-warga-bantu-pawang-hujan
Proses evakuasi helikopter rombongan Kapolda Jambi via jalur darat oleh Basarnas hari ke-2, Senin (20/2/2023) (Sumber: Tribun Jambi)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAMBI, KOMPAS.TV - Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengajak para peserta Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD Kota Jambi untuk mendoakan proses evakuasi helikopter rombongan Kapolda Jambi  yang jatuh, dapat berjalan dengan lancar.

Diketahui, proses evakuasi penumpang helikopter yang diduga jatuh di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci beberapa kali mendapat kendala, mulai dari medan yang curam hingga cuaca yang tak mendukung.

"Mari kita berdoa sebentar untuk keselamatan Kapolda Jambi dan jajaran yang saat ini sedang dievakuasi oleh tim. Semoga bisa segera diselamatkan oleh tim evakuasi," kata Syarif  Fasha, Senin (20/2/2023), dikutip dari Tribun Jambi.

Baca Juga: Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi Terhalang Kabut Tebal, Tim Penyelamat Udara Putar Balik

Helikopter yang diduga jatuh pada Minggu (19/2/2023) itu berisi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol. Michael Mumbunan, Koorspri Kompol Ayani dan ADC.

Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko mengatakan, tim penyelamat jalur darat telah berhasil menemukan rombangan, pada pukul 10:00 WIB.

"Ya ada satu tim darat sudah berhasil tiba di lokasi, menemukan pak Kapolda dan rombongan," katanya, Senin (20/2/2023) pagi.


 

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Jambi Kombes Pol Yandiko mengatakan, saat ini kondisi Kapolda Jambi dan rombongan dalam kondisi sadar.

"Kondisi penumpang sadar tetapi ada luka-luka," ujar Yandiko.

Warga Bantu Pakai Pawang Hujan

Di sisi lain,  pengerahan tim penyelemat untuk mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi tidak hanya melalui jalur darat namun juga jalur udara.

Namun, pada pukul 09.00 WIB, helikopter yang dikirim untuk misi penyelematan gagal menerjunkan tim di lokasi jatuhnya helikopter rombonga  Kapolda Jambi lantaran kabut tebal.

"Kita dapat informasi terbaru dari tim yang melakukan evakuasi di udara, ini tadi sekitar pukul 09.00 WIB pagi, heli PK-BST sudah berada di sekitar lokasi kejadian dan terdapat kendala adanya kabut atau awan yang cukup besar," ujar Humas Basaras Jambi, Lutfi dikutip dari Breaking News Kompas TV, Senin.

Baca Juga: Detik-Detik Tim Evakuasi Temukan Titik Lokasi Helikopter Kapolda Jambi: Turunkan Bantuan

Mendengar cuaca yang tidak bersahabat, masyarakat Tamiai berupaya membantu agar cuaca bisa bagus dengan cara meminta bantuan pawang hujan.

"Kita cari pawang hujan minta bantuan agar cuaca bagus," kata Tokoh Masyarakat Tamiai, Jandril. 

Ia mengatakan, sangat khwatir dengan kondisi ini. Dan berharap rombongan Kapolda bisa cepat dievakuasi.

"Kita dapat kabar upaya evakuasi dengan helikopter gagal karena cuaca buruk. Jadi kita cari pawang hujan minta bantu agar cuaca di lokasi bisa bagus," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x