Kompas TV regional peristiwa

Banjir Terjang Solo, Gibran Sebut Warga Diungsikan ke Tempat yang Layak

Kompas.tv - 17 Februari 2023, 13:22 WIB
banjir-terjang-solo-gibran-sebut-warga-diungsikan-ke-tempat-yang-layak
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming saat memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jumat (17/2/2023). (Sumber: Kompas.TV/Ant )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan warga terdampak banjir di daerah setempat dievakuasi dan mendapatkan lokasi pengungsian di tempat yang layak.

"Yang jelas sekolah dan kelurahan kami gunakan untuk pengungsian," kata Gibran usai Upacara Hari Jadi ke-278 Kota Solo di Solo Safari, Jumat (17/2/2023), dikutip dari Antara.

Mengenai warga terdampak banjir yang sempat mengungsi di pinggir jalan, Gibran mengatakan, hal itu karena sempat belum mendapatkan tempat untuk mengungsi.

Selain itu, dia juga menyampaikan tidak ada warga yang sakit atau mengalami kesusahan atau kesuliitan selama masa bencana.

Pantau kondisi banjir

Gibran menegaskan masih terus memantau kondisi banjir, termasuk limpahan air dari Waduk Gajah Mungkur dari Kabupaten Wonogiri, banjir saat ini masih terjadi di beberapa titik.


"Habis ini saya langsung muter ke beberapa lokasi. Yang jelas kami pastikan makanan dan obat-obatan tersedia. Mudah-mudahan siang ini surut," katanya.

Baca Juga: Lebih Dari 18 Ribu Warga di 15 Kelurahan Terdampak Banjir Jelang HUT ke-278 Kota Solo

Ia juga berupaya memastikan seluruh pompa air nyala sehingga air yang menggenangi pemukiman dapat segera surut.

"Saya sudah komplain ke BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), ini nanti ditindaklanjuti. Yang jelas kalau misalnya dapat limpahan air dari Wonogiri hendaknya koordinasi. Kami antisipasi lagi," kata dia.

Sebagaimna dilaporkan, lebih dari 18 ribu warga di 15 kelurahan di Kota Surakarta atau Solo terdampak banjir menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-278 kota itu pada hari ini.

Setidaknya 18.905 jiwa terdampak banjir yang merendam 15 kelurahan di Kota Solo, Kamis (17/2) malam.

Mengutip dari pemberitaan Kompas.tv sebelumnya, banjir terjadi setelah hujan deras tak kunjung reda pada Kamis siang pukul 14.00 WIB hingga malam pukul 22.30 WIB.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, ribuan warga terdampak banjir terbagi di dalam empat kecamatan, yakni Kecamatan Jebres, Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Serengan, dan Kecamatan Laweyan.

Hanya satu kecamatan di Kota Solo yang tak dilanda banjir, yakni Kecamatan Banjarsari.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x