Kompas TV regional berita daerah

Mantap!! Mahasiswa UMM Buat Kompor Tenaga Surya

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 21:55 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang membuat kompor ramah lingkungan tenaga surya. Selain bisa digunakan untuk rumah tangga, kompor tenaga surya ini juga bisa ditempatkan dalam kondisi darurat atau lokasi bencana.

Setelah melalui proses cukup panjang hingga 4 bulan, kompor surya karya mahasiswa UMM terwujud.

Cara kerja kompor ini yakni dengan memantulkan sinar matahari dari lempengan besi stainless dan dipusatkan di satu titik. 

Di titik tersebut bisa dipasang wajan atau panci untuk memasak. Cahaya matahari yang terpusat bisa menghasilkan panas dan digunakan untuk memasak air atau menggoreng.

Maharani, salah satu mahasiswa pencipta kompor surya ini menyebut, dengan memanfaatkan tenaga surya, kompor ini bisa meminimalkan kecelakaan kerja seperti kebocoran gas. 

Dengan tenaga surya ini juga bisa menghemat bahan bakar minyak. Selain bisa digunakan di rumah tangga kompor surya ini ini juga bisa digunakan dalam kondisi darurat atau bencana.

"Kita buat alat yang meminimalkan kecelakaan kerja, juga bisa mengurangi kurangi penggunaan gas dan ramah lingkungan," Terang Maharani. 

Untuk saat ini kompor ini terus dalam pengembangan. Kelompok mahasiswa ini masih berupaya agar kompor surya ini bisa lebih maksimal, serta bentuk dan ukuran bisa lebih ringan dan ringkas.

#komportenagasurya #mahasiswaumm




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x