Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Rumah di Ijen Bondowoso Rusak Diterjang Banjir Bandang

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 20:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Puluhan rumah warga di Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa Timur rusak diterjang banjir bandang. Meski tak ada korban jiwa, namun warga terpaksa mengungsi ke rumah saudara.

Puluhan rumah warga di Dusun Kampung Baru Desa Kalisat Kabupaten Bondowoso rusak diterjang banjir bandang yang terjadi pada Minggu (12/2/2023). Pada Senin (13/2/2023) pagi, rumah warga dipenuhi material banjir bandang, yakni kayu, bamboo, lumpur dan batu dengan ketebalan 50 hingga 150 sentimeter.

Material banjir bandang berasal dari aliran anak sungai sempol yang meluap setelah diguyur hujan deras selama 8 jam. Warga sempat panik dan ketakutan karena luapan sungai terjadi tiba-tiba dan masuk ke pemukiman warga. Bahkan terjangan banjir menghancurkan rumah warga, beberapa dinding rumah jebol.

Baca Juga: Banjir Bandang Menerjang Pemukiman Warga di Ijen Bondowoso

Data sementara dari BPBD setempat, ada 70 rumah rusak diterjang banjir bandang, bahkan 27 rumah rusak berat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun warga harus mengungsi ke rumah saudara maupun tetangga hingga rumah mereka selesai dibersihkan dan diperbaiki.

 

#banjirbandang #ijen #bondowoso #hutangundul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x