Kompas TV regional peristiwa

Penemuan Gunung di Bawah Laut Pacitan, Bupati Ajak Masyarakat Urun Nama

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 14:40 WIB
penemuan-gunung-di-bawah-laut-pacitan-bupati-ajak-masyarakat-urun-nama
Ilustrasi gunung. (Sumber: ANTARA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

PACITAN, KOMPAS.TV - Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengonfirmasi adanya penemuan gunung di bawah laut wilayah kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Gunung tersebut berlokasi di sekitar 200 kilometer barat daya Pacitan.

"Saya mendapatkan informasi bahwa ada gunung bawah laut di tempat kita (Pacitan). Informasi ini disampaikan Badan Informasi Geospasial (BIG)," jelas Aji, Minggu (12/2/2023) dikutip dari Tribun Jatim.

Aji meminta masyarakat untuk urun memberikan usulan nama pada gunung temuan tersebut. Ia sekaligus menegaskan gunung tersebut tak akan dinamakan dengan sapaannya yaitu "Aji".

"Saya dimintai tolong untuk memberikan nama. Masih dipikirkan yang jelas bukan Aji. Mungkin ada warga yang mau mengusulkan nama gunung bawah laut itu?," ujarnya.

Baca Juga: Dini Hari, Pacitan Diguncang Gempa M 4,4, Disusul Melonguane M 4,3

Gunung bawah laut tersebut diprediksi memiliki ketinggian 2.300 meter dari dasar laut. Ahli juga memprediksi gunung itu memiliki diameter lebih dari 10 kilometer.

Aji juga mengatakan gunung tersebut memiliki jarak yang diibaratkan seperti Pacitan ke Surabaya. Jika dihitung menggunakan jarak terdekat lewat Google Maps, berarti jarak gunung tersebut 263,4 kilometer.

Gunung muncul akibat fenomena tumbukan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pacitan Erwin Andriatmoko menjelaskan gunung tersebut muncul bukan secara tiba-tiba.

Baca Juga: Warga Trenggalek Panik, Berhamburan Keluar saat Gempa M 5,6 Guncang Pacitan

Terdapat fenomena tumbukan lempeng Indo-Australia dan Samudra Hindia yang memicu kemunculan gunung tersebut.

“Ini akibat tumbukan lempeng Indo-Australia. istilahnya seperti lantai yang ada tonjolannya. Nah, tonjolan itu disebut roo rise,” jelas Erwin.

BIG bersama ahli geologi hingga kini terus melakukan penelitian terhadap temuan gunung akibat fenomena alam tersebut.



Sumber : Tribun Jatim


BERITA LAINNYA



Close Ads x