Kompas TV regional berita daerah

Atlet Biliar Filipina Raih Piala Danrem 101/Antasari di 9 Ball Open HC Tournament 2023

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 07:16 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Kyle Raymond Amoroto, melenggang ke babak final usai menaklukkan satu-satunya atlet biliar tuan rumah Kalimantan Selatan, Sopian Anwar yang lolos hingga semifinal Piala Bergilir Danrem 101/Antasari 9 Ball Open Handicap Tournament 2023, setelah persaingan sengit dengan skor tipis 8-7.

Atlet biliar asal Filipina tersebut akhirnya menghadapi Roy Wijaya, atlet biliar asal Sulawesi Tengah di Grand Final, rabu petang (8/2/2023).

Baca Juga: Total Hadiah Rp.250 Juta! Turnamen Biliar Piala Danrem Jaring dan Siapkan Atlet untuk Event Nasional

Ketegangan terasa kala keduanya mencoba menghadirkan performa terbaik di pertandingan dengan sistem handicap tersebut.

Sejak awal Kyle tampak lebih unggul dengan memperoleh poin lebih banyak dari Roy.

Kendati di pertengahan, Roy sempat berupaya mengejar ketertinggalan dengan mencetak 5 poin.

Namun akhirnya Kyle memastikan kemenangan dengan skor 8-5.

Dengan hasil ini, Kyle Amoroto menjadi orang pertama peraih Piala Danrem 101/Antasari dan memenangkan hadiah Rp.100 Juta.

Kyle mengaku senang mengikuti turnamen kali ini dan berencana Kembali berpartisipasi di tahun selanjutnya.

“Super bahagia, turnamen ini sangat bagus, venue sangat bagus, ya, ini pertama kali juara di sini, ya, sangat sulit," ungkap Kyle Amoroto asal klub biliar Lucky tersebut.

Sementara Wakil Kalsel, Sopian Anwar harus puas di posisi keempat setelah bertanding dengan Tokyo, pebiliar asal Jawa Barat dengan skor 8-5.

Hasil turnamen ini, menurut Ketua Umum Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Kalimantan Selatan, Mustohir Arifin, akan menjadi bahan evaluasi para atlet biliar Kalsel untuk menghadapi ajang nasional mendatang seperti Pra PON.

"Kita siapkan untuk Pra PON nanti semua ikut bertanding di ajang ini, saya harap ke depan menjadi acuan motivasi untuk berajang di liga nasional sesuai harapan," ucap Mustohir.

Baca Juga: Detik-Detik Sarang Tawon Vespa Dibongkar Petugas Damkar Banjarmasin

Kasrem 101/Antasari, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto menerangkan, 9 Ball Open Handicap Tournament rencananya akan kembali digelar tahun selanjutnya dengan tujuan mengembangkan cabang olahraga biliar Kalimantan Selatan.

"Ini yang pertama kali, akan kita laksanakan lagi untuk mensuport program pemerintah khususnya biliar, sehingga biliar Kalsel dapat memberi kontribusi terbaik di pekan olahraga nasional maupun internasional," terang Kasrem.

Sebelumnya, turnamen ini dibuka pada 1 Februari 2023 dan diikuti ratusan peserta dari lokal, nasional hingga mancanegara.

Turnamen ini memberikan hadiah yang cukup besar bagi para juara dengan total Rp.250 Juta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x