Kompas TV regional berita daerah

Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Pupuk NPK PIM

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 20:46 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Beginilah pabrik pupuk nitrogen, phospor dan kalium, milik PT Pupuk Iskandar Muda Aceh di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara .

Pabrik NPK holding Pupuk Indonesia ini telah beroperasi sejak akhir tahun lalu dan kini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo .

Tiba di lokasi pabrik NPK di dampingi menteri BUMN Erik Thohir, Jokowi langsung melakukan peresmian dengan menekan tombol sirine .

Jokowi berharap dengan adanya pabrik NPK milik Pupuk Iskandar Muda ini, segala persoalan pupuk yang selama ini dikeluhkan petani segera teratasi .

Dalam sambutannya, Jokowi juga menegaskan kepada Menteri BUMN untuk menjalankan kembali operasi dua pabrik pupuk tersebut di Aceh. 

Biaya investasi mencapai 1,7 triliun rupiah untuk pembangunan industri NPK, hingga sarana pelabuhan untuk logistik .

Jokowi juga mengungkapkan persoalan selama ini terkait pengoperasian pabrik pupuk yaitu tentang tersendatnya pasokan gas .

Di Indonesia kebutuhan pupuk secara nasional mencapai 13,5 juta ton, namun baru terpenuhi hanya 3,5 juta ton .

Hingga saat ini permasalahan rantai pasok pupuk global masih menjadi kendala karena dampak perang Ukraina dan Russia, karena Ukraina merupakan negara produsen besar pupuk di dunia. Sehingga dengan adanya perang pasokan salah satu bahan pertanian tersendat .



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x