Kompas TV regional berita daerah

Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas Ditinggikan, Tanggul Laut Diperkuat

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 12:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembenahan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah mulai dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dengan penguatan tanggul sepanjang 300 meter yang sempat jebol saat terjadi gelombang pasang air laut dan merendam kawasan pelabuhan.

Pelindo juga mengupayakan pengoptimalan 3 rumah pompa dengan 56 mesin pompa yang memiliki kapasitas 15 kubik per detik serta peninggian dermaga. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya air laut ke kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Selain itu, untuk menyiasati penurunan muka tanah, peninggian dermaga juga dilakukan.

Pembenahan yang dilakukan dalam 2 bulan terakhir ini, adalah sebagai upaya untuk mengurangi masuknya air laut yang bisa mengganggu aktivitas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mengingat besarnya peran pelabuhan sebagai salah satu pintu gerbang logistik dan penggerak ekonomi Jawa Tengah, khususnya di Kota Semarang.

“Kita berkolaborasi dengan BPBS, membuat tanggul semi permanen dari geobox. Lalu di belakangnya geobox kita buat tanggul permanen sepanjang 300 meter dari beton,”ujar Rendy Fendy, Manager Humas Pelindo Sub Reg Jawa.

Pembenahan yang dilakukan Pelindo, mulai dari pembangunan tanggul sepanjang 300 meter dengan ketinggian 3 meter, peninggian dermaga sebanyak 2,1 meter, dan pengoptimalan mesin pompa yang mempunyai umur ekonomis hingga 15 tahun, dengan kondisi penurunan tanah sekitar 10 sentimeter per tahun.

#pelindo #semarang #tanjungemas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x