Kompas TV regional berita daerah

Cegah Banjir di Meteseh, 7.500 Pohon Randu Ditanam di Ungaran

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 11:15 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB SEMARANG, KOMPAS.TV - Aksi peduli lingkungan dilakukan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) yang dikelola Universitas Diponegoro (Undip) Semarang di Dusun Kaligawe, Kelurahan Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sejumlah aktivis lingkungan dari Undip, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah melakukan penanaman pohon randu sebanyak 7.500 batang.

Secara simbolis dilakukan penyerahan bibit pohon randu dari kepala kantor KHDTK Sri Puryono kepada pihak Undip sebelum penanaman. Pohon randu ini diharapkan sebagai upaya pencegahan banjir sehingga air hujan bisa terserap dan tidak langsung turun ke daerah Semarang yang bisa menyebabkan banjir.

Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Budi Setiyono menegaskan, pencegahan banjir harus dilakukan dari hulu hingga hilir. Untuk hulu, salah satunya dengan penghijauan daerah yang masih gundul. Penghijauan dilakukan di KHDTK seluas 99,5 hektar.

“Satu rangkaian dari upaya yang dilakukan oleh Undip untuk penyelamatan hutan, konservasi hutan, dan khususnya untuk berpartisipasi di dalam menangani musibah banjir, ”ujar Budi Setiyono.

Pohon randu sendiri dipilih, karena selain dapat menyerap air, bunga pohon randu berupa kapuk sekaligus nantinya akan dimanfaatkan Undip untuk budidaya lebah di KHDTK. 

#penghijauan #banjir #semarang 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x