Kompas TV regional berita daerah

Sungai Rongkong Meluap, Permukiman Warga Terendam Banjir

Kompas.tv - 30 Januari 2023, 15:54 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

LUWU UTARA, KOMPAS.TV - Sejumlah permukiman warga di kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan terendam banjir. Banjir terjadi setelah sungai Rongkok meluap.

Banjir merendam permukiman warga dua desa di Kecamatan Malangke Barat serta satu desa di Kecamatan Baebunta Selatan kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan. Ketinggian banjir bahkan mencapai lebih dari satu meter.

Banjir terjadi setelah tanggul sungai rongkong di desa lembang-lembang jebol hingga air meluap ke permukiman warga. Selian itu   ruas jalan dan perkebunah warga juga terendam banjir.

Banjir membuat aktivitas warga lumpuh warga pun terpaksa menggunakan perahu unutk beraktivitas.

Sungai Rongkong meluap  sejumlah permukiman warga terendam banjir di kecamatan Malangke Barat  dan kecamatan Baebunta Selatan kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan sabtu sore. Akibat banjir aktivitas warga lumpuh total dan sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir merendam permukiman warga di desa Cenning dan desa wara kecamatan Malangke Barat serta desa Lembang-Lembang kecamatan Baebunta Selatan kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan sabtu sore.

Ketinggian banjir mencapai 120 sentimeter akibat tanggul sungai Rongkong di desa Lembang-Lembang jebol sejak kamis pagi dan meluap hingga desa Wara dan desa Cenning yang  masih merendam permukiman warga ruas jalan dan lahan perkebunan warga.

Banjir membuat aktivitas warga lumpuh akibat akses warga seperti jalan terendam  banjir. Untuk menuju ke desa satu ke desa yang lain warga harus menggunakan perahu.

Kepala dusun Landung Dou desa Wara Roslina menyebutkan bahwa seluruh dusun di desa Wara sudah terendam banjir warga mengungsi ke sejumlah tempat seperti tempat pengungsian yang telah disediakan dan rumah kerabat atau keluarga.

 

 

#sungaimeluap

#banjir

#tangguljebol



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x