Kompas TV regional berita daerah

Keren!! Sepeda Listrik Tata Surya Karya Mahasiswa UMM

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 16:40 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang berhasil berinovasi mengembangkan sepeda kayuh menjadi sepeda listrik tata surya. 

Sepeda ini menjawab tantangan masa depan, untuk kendaraan hemat energi dan ramah lingkungan. Cara kerja sepeda ini sendiri menggunakan energi cahaya matahari yang masuk ke panel dan langsung ke aki. Kemudian ke mesin selanjutnya yaitu controller, yang menghubungkan antara dino dengan setelan gas. 

Sepeda ini sudah dicoba digunakan saat malam hari. Hasilnya, cahaya matahari yang sebelumnya telah disimpan pada siang hari hingga penuh melalui panel, mampu menghasilkan perjalanan hingga 12 kilometer. 

"Saya coba mulai Sawojajar sampai kampus. Itu sekitar 12 kilometer. Menghabiskan 3 bar daya dari total 5 bar keseluruhan yang tersedia" Jelas Billy Eldon Fachrudin, salah satu mahasiswa. 

Dosen pembimbing mengatakan sepeda listrik tata surya ini diharapkan bisa ditiru masyarakat. Karena selain mudah dan mudah dalam pembuatan, kendaraan ini efisien untuk jangka panjang. 

"Jadi hemat energi, biaya juga tidak banyak untuk membuat. Mudah, nanti kita bikin tutorialnya. Tidak perlu beli BBM" Terang dosen pembimbing, Muhammad Lukman. 

Untuk satu sepeda listrik tata surya ini, tim menghabiskan biaya sekitar Rp 2,5 juta. Mereka terus berinovasi agar mesin yang digunakan bisa diaplikasikan ke jenis sepeda lain. 

#sepedalistrik #mahasiswamalang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x