Kompas TV regional berita daerah

Bangga, Gembira Loka Jadi Kebun Binatang Terbaik di Indonesia.

Kompas.tv - 27 Januari 2023, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Warga Yogyakarta patut berbangga karena Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan Gembira Loka sebagai kebun binatang terbaik di Indonesia.

Proses penilaian dilakukan oleh tim KLHK pada akhir Desember 2022 lalu dan hasilnya diumumkan pada 25 Januari 2023. Dari penilaian itu, Gembira Loka mendapat angka 84,47 dan menjadi satu-satunya kebun binatang di Indonesia yang kini memiliki nilai akreditasi A.

Rangkaian penilaian dalam penentuan nilai akreditasi ini meliputi beberapa aspek, mulai dari fasilitas bangunan, kepegawaian, hukum, pendidikan, hingga pengelolaan dan pembiakan satwa yang terkontrol.

Direktur Utama Kebun Binatang Gembira Loka, KMT A Tirtodiprodjo menyebut, akreditasi A sejatinya juga didapatkan lembaga konservasi lain, sementara Gembira Loka mendapatkan akreditasi A untuk kategori kebun binatang.

“Ini adalah hasil dari kerja keras kita. Akreditasi ini bukan hanya menilai kebun binatang dan bangunannya bagus namun ada banyak aspek yang dinilai, salah satunya adalah administrasi dan kualitas pengelolaan,“ ujar KMT A Tirtodiprodjo.

Dengan menyandang kebun binatang terbaik di Indonesia, kini Gembira Loka mendapat prioritas dari pemerintah dalam hal penanganan konservasi satwa. Tak hanya sebatas di dalam kompleks kebun binatang Gembira Loka semata, namun juga menjangkau penanganan konservasi satwa di habitat aslinya.

#gembiraloka #kebunbinatang #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x