Kompas TV regional berita daerah

Menyusul Kasus Konten Nenek Mandi Lumpur, Kemensos Larang Eksploitasi Lansia Mengemis Online!

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 13:49 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

NTB, KOMPAS.TV - Polisi masih menyelidiki video viral seorang nenek yang mandi lumpur selama berjam-jam di aplikasi berbagi video TikTok.

Polisi menyebut sang nenek bukan korban ekpolitasi karena ikut berperan membuat konten.

Sementara Kementerian Sosial meminta masyarakat menghentikan aksi mengemis menggunakan kelompok rentan seperti lansia.

Video nenek mandi lumpur selama berjam-jam ini viral di media sosial.

Ia biasanya menggelar live di aplikasi TikTok saat tengah berada dalam kubangan air lumpur dan sesekali mengucapkan terima kasih untuk penontoan yang memberinya sumbangan.

Diketahui sang nenek bernama Layar Sari yang merupakan warga Dusun Pedek, Desa Stanggor, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Saat ditemui di lokasi pembuatan video, nenek layang sari menyebut telah 10 kali menggelar siaran lansung di aplikasi tiktok dan total mendapat Rp 9 juta.

Ia juga bilang cucunya yang mengajak membuat video yang jadi perbincangan publik ini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini pun angkat bicara. Risma meminta pemerintah daerah menindak warganya yang mengemis online di aplikasi TikTok.

Kementerian Sosial pun mengeluarkan Surat Edaran nomor 2 tahun 2023 yang berisi tentang penertiban kegiatan eksploitasi dan atau kegiatan mengemis yang memanfaatkan lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan atau kelompok rentan lainnya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.