Kompas TV regional berita daerah

Hujan 5 Jam Sebabkan Banjir Di Karangasem

Kompas.tv - 20 Januari 2023, 14:07 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Karangasem, Bali, pada Kamis (19/1) siang, memicu banjir yang merendam 8 rumah warga yang berada di Banjar Dinas Kecicang Bali, Desa Bungaya, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali. Aliran sungai yang kecil tidak kuat menampung volume debit air dari hulu sehingga air masuk kepemilikan warga. BPBD Karangasem dibantu warga berupaya untuk melakukan evakuasi pemilik rumah dan barang-barang.

Selain banjir, hujan deras yang terjadi selama 5 jam tersebut juga menyebabkan longsor dan pohon tumbang di sejumlah titik ruas jalan yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Karangasem. Salah satu pemilik rumah mengaku, tinggi air hingga mencapai 50 centimeter,  rumah yang terendam banjir ada sekitar tujuh rumah, bahkan tembok rumah warga ada juga jebol akibat banjir.

 Kepala Pelaksana BPBD Karangasem menjelaskan dampak hujan deras paling parah terjadi di Banjar Dinas Kecicang Bali yang menyebabkan 8 rumah warga terendam banjir. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan banjir di lokasi ini sudah yang ketiga kali pada tahun 2009, 2017 dan tahun ini.

Hingga sore tadi air mulai berangsur surut dan warga mulai membersihkan rumah dari material banjir, BPBD tetap menghimbau masyarakat agar selalu waspada karena pontensi hujan deras masih akan terjadi.

 

 

 

 

 

#banjir     #karangasem  #desabungaya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x