Kompas TV regional berita daerah

Atasi Banjir Tahunan, Pemkab Pekalongan Akan Bangun Tanggul

Kompas.tv - 18 Januari 2023, 13:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Pekalongan terus mencari cara untuk menangani banjir rob yang terus melanda sejumlah desa di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Pasalnya, banjir rob yang merendam Desa Jeruksari, Karangjompo, Tegal Dowo, dan Mulyorejo hampir tiap tahun merendam permukiman warga.

Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan juga melakukan pengecekan langsung ke lokasi rencana pembangunan tanggul di muara Sungai Bremi dan Sengkarang. Tanggul akan dibangun tahun 2023 lengkap dengan rumah pompa yang akan menahan air rob maupun menyedot air banjir.

Proyek tanggul ini akan berkolaborasi dengan pemerintah pusat, provinsi, dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Tahap pertama, Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan menyiapkan lahan untuk akses kendaraan proyek.

“Insya Allah banjir di tahun berikutnya sudah sangat-sangat kurang,”kata Sumar Rosul, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan.

Sumar menambahkan, nantinya pembangunan tanggul diperikirakan akan selesai di tahun 2024. Dengan adanya tanggul penahan rob diharapkan dapat menyelesaikan banjir yang kerap terjadi di musim air pasang laut maupun penghujan.

#banjir #pekalongan #sungaibremi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x