Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu Gelar Persembahyangan Hari Raya Galungan

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 12:34 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Persembahyangan Hari Raya Galungan dilakukan seluruh umat Hindu di Bali, pada Rabu (4/1) pagi. Persembahyangan dilakukan di pura keluarga hingga Pura Dalem di wilayah desa masing masing.

Di wilayah Banjar Lumintang, Desa Adat Denpasar, sejak pagi hari, umat Hindu melaksanakan persembahyangan secara khusyuk dan khidmat.

Dengan mengenakan pakaian adat, persembahyangan dilakukan umat Hindu bersama sanak keluarga. Usai melakukan persembahyangan, umat Hindu berkumpul bersama keluarga di rumah, untuk menjalin tali silaturahmi.

Hari Raya Galungan dimaknai untuk merayakan  kemenangan dharma atau kebaikan melawan adharma atau keburukan. Hari Raya Galungan jatuh setiap enam bulan sekali, tepatnya pada Buda Kliwon Wuku Dungulan.

Galungan kali ini diharapkan mampu memberi nilai spiritual baru di tahun yang baru ini. Kedamaian pelaksanaan Galungan kali ini juga diharapkan mampu memberikan kejernihan pikiran bagi seluruh umat untuk melaksanakan darma atau kebaikan, dan menjauhi adarma atau keburukan.

 

 

 

 

 

 

#harirayagalungan   #hindubali   #denpasar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x