Kompas TV regional berita daerah

Ikan Keramba di Telaga Ngebel Mati Diduga Keracunan Gas Belerang

Kompas.tv - 2 Januari 2023, 19:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PONOROGO, KOMPASTV.TV - Ribuan ikan nila siap panen mati diduga keracunan belerang di Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Akibatnya petani ikan keramba rugi ratusan juta rupiah.

Salah satu petani ikan keramba, Yusdianto mengatakan bahwa ada ribuan ekor ikan nila hasil budidaya keramba di Kawasan Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo mati sejak Senin (2/1/2023) pagi.

Kematian massal diduga akibat keracunan naiknya belerang sehingga kadar oksigen dan PH air turun. Untuk menghindari kerugian lebih besar sejumlah petani berupaya memindahkan ikan berukuran besar yang bisa diselamatkan.

Baca Juga: Warga Berburu Ikan Mabuk di Ranu Klakah

Petugas Dinas Perikanan Ponorogo, Nurdiyanaban mengatakan bahwa petugas Dinas Perikanan Ponorogo tengah melakukan uji laboratorium dan kadar air telaga untuk memastikan penyebab kematian ribuan ikan.

Fenomena alam di telaga ngebel ini selalu terjadi setiap tahun. Biasanya terjadi setelah beberapa hari kawasan ini dilanda hujan dan angin. Selain dugaan belerang naik, fenomena ini terjadi juga karena naiknya sampah organik yang menumpuk di dasar telaga.

 

#ikannila #kerambaikan #telagangebel #gasbelerang #ponorogo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x