Kompas TV regional berita daerah

Pembaretan Ribuan Banser Ikrar Setia NKRI

Kompas.tv - 27 Desember 2022, 12:39 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Apel besar yang diikuti sekitar 3000 anggota Banser digelar di halaman Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, minggu siang. Apel yang dihadiri anggota Banser dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Tegal ini, merupakan rangkaian acara tradisi pembaretan bagi anggota Banser yang lolos pendidikan dan latihan dasar Banser bulan lalu.

 

Dalam kegiatan apel ini, para anggota Banser berikrar taat dan tunduk pada Ulama, setia kepada NKRI serta menolak adanya praktek politik identitas menjelang pemilu Presiden. Sebab, praktek politik identitas dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang terdiri dari beragam suku bangsa dan agama.

 

Menjelang tahun politik, seluruh anggota banser diminta untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kesolidan. Sebagai ormas yang cukup besar, banser juga diminta menjadi garda terdepan menangkal radikalisme di tanah air.

 

Seluruh peserta apel selanjutnya melakukan long march sejauh 15 kilometer menuju makam pendiri Kabupaten Tegal Ki Gede Sebayu. Pembaretan Banser dimaksudkan agar para anggota Banser memiliki militansi demi membela kehormatan ulama dan NKRI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x