Kompas TV regional berita daerah

Sempat Melambung, Harga Tomat Sudah Turun

Kompas.tv - 26 Desember 2022, 19:09 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Setelah sempat melambung tinggi hingga Rp 18 ribu per kilogram, kini harga tomat mulai turun. Mulai normalnya pasokan tomat disebut petani menjadi pemicu turunnya harga.

Mulai stabilnya harga tomat di pasaran ini terjadi saat petani mulai banyak yang memanen tomatnya sehingga pasokan di pasar kembali normal. Normalnya pasokan membuat harga tomat kembali turun.

Misrianto, salah satu petani tomat di desa Tegalgondo menjelaskan, saat ini harga jual tomat di pasaran berkisar antara Rp 6.000 hingga Rp 8.000 perkilogram. Harga saat ini jauh turun dibanding beberapa pekan lalu.

Menurut Misrianto, harga tomat saat ini memang standar bagi petani. Karena jika harga jual di bawah 6.000, petani akan rugi. Pasalnya di musim hujan seperti saat ini, biaya perawatan tanaman tomat akan membengkak, karena tomat akan cepat rusak dan busuk jika tidak diobati.

"Harga saat ini sebetulnya petani tidak rugi kalo dibawahnya pasti rugi, kalo cuaca hujan harus diobat," jelasnya.

Petani juga menambahkan, dengan kondisi cuaca hujan yang terus menerus, bukan tidak mungkin harga tomat akan naik. Karena tanaman tomat banyak yang rusak, sehingga hasil panen akan berkurang.

#petanitomat #hargatomat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x